Jepang Siapkan Standar Keamanan Robot Perawat


Tokyo – Penetrasi robot dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang sudah semakin luas. Kini Jepang sedang mempersiapkan standar keamanan untuk robot perawat yang akan bertugas melayani manusia.

Seperti diketahui selama ini, Jepang merupakan negara maju dengan tingkat kelahiran rendah serta harapan hidup tinggi, sehingga dibutuhkan tenaga untuk membantu para lansia. Oleh karena itu, Jepang memilih menggunakan robot untuk menggantikan peran perawat dalam mengurus kaum lansia.

“Kami berharap akan terus menjadi pemimpin industri robot dengan mempersiapkan pedoman untuk layanan robot,” ujar Motoki Korenaga, pejabat kementerian perindustrian dan perdagangan, dikutip detikINET dari AFP, Jumat (27/3/2009).

April mendatang, Organisasi Pengembangan Teknologi Industri dan Energi akan meluncurkan proyek lima tahun guna meningkatkan standar keamanan untuk robot masa depan.

Jepang memang merupakan ‘surga’ robot, mengingat bahwa sekitar 70 persen robot-robot di dunia diciptakan oleh perusahaan di Negeri Sakura ini. Menteri Perdagangan berharap pasar robot Jepang akan terus tumbuh dan mencapai 6,2 triliun yen atau sekitar US$ 63,5 miliar di tahun 2025, meningkat dari 70 juta yen di tahun lalu. ( faw / faw )

About CakTip

Pelayan santri-santriwati Pondok Modern Arrisalah Program Internasional di Kota-Santri Slahung Ponorogo Jawa-Timur Indonesia K. Post 63463. Lahir di Segodorejo Sumobito Jombang JATIM di penghujung Ramadhan 1395 H. Pernah bantu-bantu di IPNU Sumobito Jombang, IPM SMA Muh 1 Jombang, beberapa LSM, karya ilmiah, teater, dll. Lagi demen-demenya sama design grafis (corel). Sekarang lagi ngarit rumput hidayah di lapangan perjuangan PM Arrisalah. Sekali waktu chekout ke beberapa tempat yang bikin penasaran untuk nambah ilmu. Duh Gusti! Nyuwun Husnu-l-Khatimah!

Posted on 27 Maret 2009, in Artikel, Iptek & Sains, News and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: