Facebook Siap Siaga Halau Serangan Cyber

Santi Dwi Jayanti – detikinet

elektraJakarta – Facebook sejauh ini telah memiliki 175 juta pengguna yang terdaftar. Ditambah dengan pengunjung per harinya yang berjumlah 100 juta, tentunya menjadikan situs jejaring ini bak target empuk serangan para penjahat cyber.

Tak mau hanya menjadi bulan-bulanan dedemit maya, pihak Facebook pun bergegas untuk memperkuat tameng pertahanan di dalam situs mereka guna menangkal serbuan yang bakal datang.

Beberapa hal yang mereka lakukan antara lain dengan membuat sistem pengawasan yang lebih ketat seperti secara otomatis dapat menendang atau mengeliminasi account palsu penggunanya.

Selain itu, layanan chat serta wall yang diposting user juga tak luput dari teropong mereka. Hal ini diklaim untuk menghindari masuknya link-link sesat menuju situs berbahaya.

Dikutip detikINET dari PC World, Jumat (27/3/2009), Facebook setidaknya harus membumihanguskan ribuan account-account palsu dalam seminggu. Pasalnya, account tersebut disinyalir digunakan untuk melancarkan serbuan spam dan aksi tipu-tipu lainnya. Alhasil, kontrol yang lebih mendalam terus digodok oleh situs besutan Mark Zuckerberg ini.

Selama ini Facebook telah memiliki dua tim keamanan yang berbasis di California dan Dublin. Mereka siap siaga selama 24 jam guna menyapu bersih konten-konten yang berbau pornografi, pencurian identitas (phishing), spam, kekerasan dan aksi-aksi tak layak lainnya.

( sha / ash )

About CakTip

Pelayan santri-santriwati Pondok Modern Arrisalah Program Internasional di Kota-Santri Slahung Ponorogo Jawa-Timur Indonesia K. Post 63463. Lahir di Segodorejo Sumobito Jombang JATIM di penghujung Ramadhan 1395 H. Pernah bantu-bantu di IPNU Sumobito Jombang, IPM SMA Muh 1 Jombang, beberapa LSM, karya ilmiah, teater, dll. Lagi demen-demenya sama design grafis (corel). Sekarang lagi ngarit rumput hidayah di lapangan perjuangan PM Arrisalah. Sekali waktu chekout ke beberapa tempat yang bikin penasaran untuk nambah ilmu. Duh Gusti! Nyuwun Husnu-l-Khatimah!

Posted on 27 Maret 2009, in Artikel, Iptek & Sains, News and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: