“Cyber Crime” Indonesia Tertinggi di Dunia

I can do what you can't

I can do what you can't

Jakarta (ANTARA News) – Jumlah kasus “cyber crime” atau kejahatan di dunia maya yang terjadi di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia antara lain karena banyaknya aktivitas para “hacker” di Tanah Air.

“Kasus `cyber crime` di Indonesia adalah nomor satu di dunia,” kata Brigjen Anton Taba, Staf Ahli Kapolri, dalam acara peluncuran buku Panduan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) di Jakarta, Rabu.

Brigjen Anton Taba memaparkan, tingginya kasus “cyber crime” dapat dilihat dari banyaknya kasus pemalsuan kartu kredit dan pembobolan sejumlah bank.

Menurut dia, para “hacker” lebih sering membobol bank-bank internasional dibandingkan dengan bank-bank dalam negeri.

Setelah Indonesia, ujar Anton, negara lainnya yang memiliki jumlah kasus “cyber crime” tertinggi adalah Uzbekistan.

Karena tingginya kasus “cyber crime”, ia juga mengkritik buku PBHI yang tidak memiliki bagian khusus yang membahas tentang hal tersebut.(*)
COPYRIGHT © 2009

About CakTip

Pelayan santri-santriwati Pondok Modern Arrisalah Program Internasional di Kota-Santri Slahung Ponorogo Jawa-Timur Indonesia K. Post 63463. Lahir di Segodorejo Sumobito Jombang JATIM di penghujung Ramadhan 1395 H. Pernah bantu-bantu di IPNU Sumobito Jombang, IPM SMA Muh 1 Jombang, beberapa LSM, karya ilmiah, teater, dll. Lagi demen-demenya sama design grafis (corel). Sekarang lagi ngarit rumput hidayah di lapangan perjuangan PM Arrisalah. Sekali waktu chekout ke beberapa tempat yang bikin penasaran untuk nambah ilmu. Duh Gusti! Nyuwun Husnu-l-Khatimah!

Posted on 26 Maret 2009, in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Kayaknya pelan-pelan bisa kita hembuskan ke public, bahwa nggak boleh ada toleransi terhadap cryme apapun bentuknya, adapun penanganannya tetap harus bijak. dengan melihat latar belakan tindak kejahatan pelaku. beisa jadi pencuri itu mencuri, karena memang hanya itu yang ia sanggup untuk menyelamatkan kondisinya. Tapi nggak banyak juragan gemuk yang tetap hobi nyolong, walau tangan hampir kepotong. Go Head Indonesia. Makasih Cak ikr4msmansa . Salam.

  2. assalamu’alaikum. Makasih kunujungannya Kang Omeng, mudah mudahan kita masih termasuk yang waras dalam berinternet. Kalau masalah kualitas, bangsa kita nggak kalah-kalah amat sama para ‘bule’, bayangin beberapa jam setelah produk mutakhir diluncurkan dipasaran, hampir bisa dipastikan akan dibajak. Jan… wong kita kalau masalah teknologi pada top? cuma tinggal management batinnya insyaAllah. Wallahu’alam. Wassalam.

  3. Penyalahgunaan iptek di indonesia memang sangat memprihatinkan. Seandainya pemerintah cerdas mengarahkan para “pelaku” cyber crime dan merangkulnya ke hal yang sifatnya membangun saya kira kita sebagai negara yang besar memiliki peluang untuk maju dan menjadi bangsa yang intelek dgn sjuta sumber daya.

  4. Sbenarx orang2 Indonesia itu memang pintar, tapi mau gimana lagi, inilah kondisi negara kita sekarang. Banyak orang2 berpendidikan yg gak dpt pkerjaan yg layak dan hidup terhimpit, akhirnya mereka memakai keahlian mereka u/ tindak kejahatan atau mungkin karena alasan stress,cari duit, atau mungkin hanya iseng ?!:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: