NASEHAT PIMPINAN UNTUK SANTRI/WATI BARU


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Anakku ..… 
  • Setelah masuk pondok, anggaplah pondok ini sebagai rumahmu sendiri.
  • Anggaplah Pimpinan Pondok dan guru-guru sebagai ayah dan ibumu di sini, maka kalau ada kesulitan apapun jangan segan-segan menghubungi kami.
  • Jangan kurang bersyukur kepada Allah dan berterimakasih kepada orang tuamu yang telah menghantarkan, membiayai, merestui dan mendidik kamu. Ini adalah kesempatan emas untukmu.
  • Niatmu belajar di pondok adalah mulia, tetapi kemungkinan akan hilang kalau tidak tahan godaan dan ujian. Diantaranya; ada perasaan tidak tahan, tidak kerasan, kurang enak dan seterusnya. Bagi orang yang masih baru, hal-hal yang semacam itu sudah biasa, kalau sudah lama maka akan hilang dengan sendirinya. Do’anya:
  • اللّهُمَّ أَنْزِلْنِي مُنْـزَلاً مُبَارَكًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْمُنْـِزلِيْنَ

“Ya Allah tempatkanlah kami pada tempat yang Engkau berkahi ini, karena hanya Engkau yang bisa menempatkan kami”.

Dan perbanyaklah membaca Surah Al-Ikhlash:
“Katakanlah: “Dia-lah Allah Yang Maha Esa.  Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada- Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan.  Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.”

  • Kalau sering-sering ingat rumah, perbanyaklah membaca :

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ سُبْحَانَ الله. وَ الْحَمْدُ ِللهِ. وَ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ.  اللهُ أَكْبَـُر .

  • Atau berkirim surat, bisa minta orang tuanya datang ke pondok untuk menjenguk, bisa menggunakan telephon, dll, tetapi jangan terlalu sering.
  • Ikuti semua kegiatan dan gunakan waktu sebaik mungkin, waktu belajar untuk belajar, waktu istirahat untuk istirahat, waktu olah raga untuk olah raga, waktu makan untuk makan dan seterusnya, InsyaAllah apa saja akan menjadi ringan dan menguntungkan.
  • Jangan malu dan jangan malas, apalagi menganggap enteng, memang semuanya dimulai dari dasar tetapi terus berjalan dan selalu baru dan serba cepat.
  • Yang belum bisa membaca atau menulis , maka tetap dididik dan dimulai dari nol, supaya bisa belajar dengan baik dan teratur.
  • Kalau sakit, secepatnya melaporkan ke pengurus, Bapak/Ibu guru atau langsung ke Pimpinan Pondok Modern untuk diobatkan. Bagian kesehatan pondok ada.
  • Kalau makananya kurang enak, sudah ada lauk dan tersedia di katin atau warung lauk pauk. Menu makanan selalu berganti dan sehat. Kalau sudah terbiasa semuanya menjadi enak. Ingat semboyan Pondok kita: “Makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan”.
  • Apapun yang menjadi hak milik kamu harus dijaga dengan baik, jangan diletakkan disembarang tempat nanti bisa hilang. Walaupun itu hanya barang-barang sederhana, seperti : sabun, sandal, sepatu, handuk, bahkan pakaianmu yang ada di jemuran, arloji, uang, buku-buku, dan sebagainya. Semua harus disimpan dan hati-hati jangan sampai kecurian atau hilang,  sedangkan  barang  yang  sudah  tidak  dipakai lagi, disimpan baik-baik dalam kotak dan dikunci.
  • Jangan berbicara dengan bahasa daerah walaupun dengan teman se-daerahmu, mulailah dengan berbahasa Nasional atau praktekkan bahasa resmi (Arab/Inggris) walau campur. Dan ingat! Target berbahasa resmi (Arab/Inggris) bagi anak baru di pondok ini 3 bulan setelah dia masuk ………. tidak usah malu atau minder, salah-salah sedikit tidak apa-apa namanya juga belajar, tapi jangan disalah-salahkan.
  • Jangan coba-coba untuk melanggar disiplin, kalau belum tahu silahkan bertanya, yang termasuk pelanggaran berat di Pondok ini diantaranya: Keluar kampung tanpa izin, bertengkar atau menyakiti orang lain, masuk rumah orang kampung, menghasud orang lain, menghina orang lain, tidak sembahyang fardlu/Jum’at, meminum minuman keras dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang (narkoba) dan apalagi meninggalkan pelajaran tanpa izin.
  • Hati-hati membawa uang, kalau ada kelebihan uang simpan saja di TABSIS (Tabungan Siswa) di Kantor Tata Usaha, sebab selain bisa diambil sewaktu-waktu, juga demi menjaga keselamatan.
  • Niati semuanya untuk belajar, berdisiplin dan menahan diri di dalam pondok dengan ibadah!  InsyaAllah, Allah akan memudahkan kita semua. Firman Allah di dalam Al-Qur’an : “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”(Muhammad: 7)
  • Kalau niatmu (nyantri/mondok) untuk menolong agama Allah, niscaya Allah pasti akan menolong dan menguatkan pendirianmu. Sabda Rosulullah: 
مَنْ أَرَادَ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهُ فِي الدِّيْنِ
Barang siapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka ia dijadikanNya mengerti dalam agama.

Semoga Allah SWT senantiasa menguatkan iman dan niatan kita yang baik ini. Amiin Ya Robba-l-‘alamin.

و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Ponorogo, 9 Juli 2008
Pimpinan,




Drs. KH MUHAMMAD MA’SHUM YUSUF
Pondok Modern Arrisalah Program Internasional

About CakTip

Pelayan santri-santriwati Pondok Modern Arrisalah Program Internasional di Kota-Santri Slahung Ponorogo Jawa-Timur Indonesia K. Post 63463. Lahir di Segodorejo Sumobito Jombang JATIM di penghujung Ramadhan 1395 H. Pernah bantu-bantu di IPNU Sumobito Jombang, IPM SMA Muh 1 Jombang, beberapa LSM, karya ilmiah, teater, dll. Lagi demen-demenya sama design grafis (corel). Sekarang lagi ngarit rumput hidayah di lapangan perjuangan PM Arrisalah. Sekali waktu chekout ke beberapa tempat yang bikin penasaran untuk nambah ilmu. Duh Gusti! Nyuwun Husnu-l-Khatimah!

Posted on 8 Maret 2009, in Dokumen, Drs. KH. Muhammad Ma'shum Yusuf and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. ya allah jadi ingat dulu waktu masih di pondok, nysel perjuangan belum selesai tapi harus keluar karena sakit, Ar risalah tetap dalam hati ku berjuta-juta kenangan didalamnya walaupun hanya merasakan sampai kelas 4. novis sugiawan 1997-2001

  2. subhanallah, kl baca smua nasihat mudiruna,jd pngn nyantri lg,rindu dngan suasana pndk,yg paling berkesan itu kl jam sekolh,disuruh syugl, masyaAllh…tmn2 skelas pd smangat smua,yg ngntuk jd melek,yg skt jd pngn smbuh,hbs syugl bikin minum pake ember tmbh es batu.ngaduknya pake hanger, ga ada sndok hangerpun jadi.mdh2n Allh sll m’beri kekuatan&kshtan ila mudiruna almahbub.arrisalah…cayoo….!jaya sll.ammiiinnnn.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: